Jumat, 17 September 2010

JANGAN SIA-SIAKAN PUASAMU


بسم الله الرحمن الرحيم

Para pembaca rahimakumullah, termasuk dalam adab berpuasa adalah menjauhi perkara-perakara yang dapat merusak atau mengurangi pahala puasa, seperti berdusta, ghibah (gosip, membicarakan kejelekan, kekurangan, atau aib orang lain), namimah (mengadu-domba), atau segala perkataan dan perbuatan yang tidak baik atau diharamkan.

Allah Subhanallahu wa Ta’ala telah menjelaskan hikmah dari puasa yang diwajibkan kepada kaum muslimin (puasa Ramadhan), yaitu agar mereka bertaqwa, sebagaimana firman Allah Subhanallahu wa Ta’ala (yang artinya):

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.” (Al-Baqarah: 183)

Konsekuensi dari ketaqwaan kepada Allah Subhanallahu wa Ta’ala adalah melaksanakan hal-hal yang diperintahkan dan meninggalkan hal-hal yang diharamkan. Hal ini sebagaimana yang diisyaratkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam dalam sabdanya:

مَنْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ وَالْعَمَلَ بِهِ وَالْجَهْلَ فَلَيْسَ لِلهِ حَاجَةٌ أَنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وَشَرَابَهُ

“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan dusta, bahkan berbuat kedustaan, dan kebodohan, maka Allah tidak butuh terhadap perbuatan meninggalkan makanan dan minumannya (puasanya-red).” (HR. Al-Bukhari)

Jika seorang muslim hanya sekedar meninggalkan makan dan minum saja, tanpa meninggalkan perkara-perkara yang diharamkan, maka ia hanya akan mendapatkan rasa lapar dan dahaganya saja. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda:

رُبَّ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صِيَامِهِ إِلاَّ الْجُوعُ وَرُبَّ قَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ قِيَامِهِ إِلاَّ السَّهَرُ

“Berapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya, kecuali RASA LAPAR saja, dan berapa banyak orang yang shalat malam (shalat tarawih) tidak mendapatkan apa-apa dari shalatnya, kecuali hanya tidak tidur malam (begadang) saja.” (HR. Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, Al-Hakim, dan Al-Baihaqi)

Pembaca rahimakumullah, semoga Allah Subhanallahu wa Ta’ala mengaruniakan kepada kita kemudahan untuk melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Semoga pula Allah menerima amalan-amalan kita, serta mengampuni dosa-dosa kita semua. Amin Ya Mujibas Sailin.

Wallahu A’lam Bishshawab

Sumber: http://www.buletin-alilmu.com/?p=503


DOWNLOAD AUDIO MP3 KAJIAN RAMADHAN:

1. JANGAN SIA-SIAKAN PUASAMU: http://nasihatonline.wordpress.com/2010/08/15/jangan-sia-siakan-puasamu/

2. KOREKSI 6 KESALAHAN KAUM MUSLIMIN DI BULAN RAMADHAN: http://nasihatonline.wordpress.com/2010/08/15/koreksi-6-kesalahan-di-bulan-ramadhan/

3. BERSEDEKAH DI BULAN PENUH BERKAH: http://nasihatonline.wordpress.com/2010/08/15/bersedekah-di-bulan-penuh-berkah/

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar